Insadha 2019: Mencintai Kebenaran dan Menghargai Perbedaan

Peserta insadha sedang melakukan sirkulasi di Lapangan Realino

Sebanyak 960 mahasiswa baru angkatan 2019 Universitas Sanata Dharma (USD) mengikuti Inisiasi Sanata Dharma (Insadha) gelombang pertama pada 29-30 Juli 2019 yang dilaksanakan di kampus 1 dan kampus 2 Universitas Sanata Dharma. Peserta Insadha ini terbagi ke dalam 22 kelompok yang masing-masing kelompok didampingi dua pendamping kelompok (dampok) dan satu pendamping keamanan. Pada hari pertama, para peserta melakukan pengenalan pihak rektorat, berlatih jingle Insadha, dan berdinamika bersama kelompok. Sementara pada hari kedua, peserta mengikuti materi dan menyaksikan fragmen oleh siesen.
Tema insadha pada tahun ini adalah “Mencintai Kebenaran dan Menghargai Perbedaan”. Ketua Umum Insadha 2019 Renaldy (Psikologi 2016) menerangkan tema ini dapat mengantarkan peserta Insadha untuk mengenali proses mencintai kebenaran.
“Insadha itu menjadi sebuah gerbang supaya mereka sadar bahwa kita selalu berada pada proses itu (mencintai kebenaran) setiap hari,’’ kata Renaldy.
Proses Insadha 2019 tampak tidak berbeda dari Insadha pada tahun sebelumnya. Hal itu terlihat pada proses sirkulasi dan susunan acara yang hampir sama. Namun menurut Renaldy, tema Mencintai Kebenaran merupakan hal yang baru pada Insadha 2019 ini. “Tahun ini (tema) diambil juga dari nilai Sanata Dharma, cuman, fokus ke mencintai kebenaran,” tegas Renaldy.
Untuk kelancaran Insadha, panitia menggunakan Lapangan Realino yang sedang dalam renovasi untuk sirkulasi peserta Insadha hingga akan mendirikan panggung untuk malam puncak.
Gelombang dua Insadha akan dilaksanakan pada 1-2 Agustus 2019 dan gelombang tiga pada tanggal 7-8 Agustus 2019. Setelah tiga gelombang selesai, peserta Insadha akan mengikuti Inisiasi Fakultas (Insifak) dan Inisiasi Prodi (Insipro) yang akan dilaksanakan selama satu minggu. Setelah Insifak dan Insipro selesai, pada tanggal 16 agustus peserta insadha diajak untuk mengenal UKM, UKF, UKP, dan unit kegiatan lainnya yang ada di Universitas Sanata Dharma. Inaugurasi atau puncak kegiatan Insadha 2019 dilaksanakan pada tanggal 17 agustus 2019 dan dimulai pada pukul 14.30 hingga malam.
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kementrian Sinergisitas Himpunan, BEM Universitas Sanata Dharma. Pada tahun ini panitia yang dibentuk oleh Kementerian Sinergisitas Himpunan berjumlah 225 orang.

Reporter : Veronica S. & Johan Arkiang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *