Warna Baru Dies Natalis PGSD USD

                              Terdapat suasana berbeda di sekitar lorong pendopo Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Senin (6/11). Lukisan-lukisan serta   berbagai karya dari barang bekas dan media pembelajaran kreatif berderet menyambut Dies Natalis PGSD USD yang ke-10. Tahun ini merupakan kali pertama acara perayaan Dies Natalies  diadakan. Haris Mardiyanto, ketua bidang acara Dies Natalis PGSD 2017 mengatakan bahwa tahun-tahun sebelumnya tidak ada acara apa pun karena hari ulang tahun PGSD bertepatan dengan libur semester genap. “Namun pada tahun ini tetap diusahakan diadakan meskipun acaranya tidak tepat dengan HUT PGSD,” jelas Haris.

              Acara yang bertemakan “Dasaning Miyosan Nyawiji lan Dayani Tumrap Liyan” ini diadakan selama lima hari, yaitu pada tanggal 6 hingga 10 November 2017.  Perayaan ini dimulai dengan pameran lukisan dan hasil karya kreatif dari barang bekas karya mahasiswa PGSD semester satu dan berbagai media pembelajaran karya mahasiswa PGSD semester tiga hingga tujuh.

              Acara Dies Natalis tidak hanya menampilkan pameran lukisan dan karya dari barang bekas saja. Pada malam hari, terdapat pentas seni yang diadakan di pendopo PGSD. Pentas dimulai setiap pukul 18.00 dari tanggal 7 hingga 9 November. Pada tanggal 7 dan 8 November, diadakan pentas seni tari mahasiswa PGSD semester satu. Pentas seni tari ini telah mereka persiapkan dalam mata kuliah seni tari. Kemudian pada tanggal 9 November diadakan pertunjukkan teater boneka oleh mahasiswa PGSD semester satu yang juga telah mereka persiapkan dalam mata kuliah prakarya selama dua bulan. Tidak ketinggalan penampilan seni musik oleh lima kelompok terbaik dari mahasiswa PGSD semester tiga yang telah dipilih oleh dosen pengampu mata kuliah seni musik. Penampilan seni musik tersebut memunculkan suatu keunikan pada alat yang digunakan, seperti botol, bambu bahkan sepeda motor. Mereka memainkan musik lagu-lagu daerah,  lagu anak-anak dan lagu nasional.

             Hari Jumat merupakan malam puncak Dies Natalis. Bebebapa penampilan terbaik seni tari, teater dan musik dari hasil seleksi pada hari-hari sebelumnya akan tampil malam itu. Haris Mardiyanto menegaskan bahwa tujuan diadakannya pameran dan pentas seni ini selain untuk merayakan Dies Natalis PGSD, juga untuk menunjukkan dan menampilkan karya-karya kreatif mahasiswa PGSD USD.

Penulis: Angela Reza Widi P

Editor: Dionisius Sandytama Oktavian 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *