Seminar Nasional Sejarah : Cerdas Humanis di Era Digital

Suasana seminar nasional sejarah Indonesia di Student hall,kampus 1 USD Mrican

YOGYAKARTA (28/10) – Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan seminar nasional sejarah Indonesia bertajuk “Cerdas Humanis di Era Digital”. Seminar tersebut bertempat di Student Hall kampus 1 dan dihadiri oleh mahasiwa Program studi pendidikan sejarah, program studi sejarah, dari dosen-dosen USD dan dari beberapa daerah khususnya Jawa.

Seminar yang diselenggarakan oleh USD mengahadirkan pembicara dari berbagai dosen dalam setiap bidangnya. Dua pembicara kunci dalam seminar ini menjadi pembuka rangkaian acara seminar yang dilanjutkan dengan diskusi panel pada setiap kelas.

Dua pembicara kunci dalam seminar tersebut yakni Suhartono W Pranoto, membawakan materi mengenai metodologi penelitian sejarah di era digital yang menjelaskan sejauh mana terjadi perubahan metodologi penelitian sejarah di era digital masa kini dan Hariyono berhalangan hadir untuk membicarakan materi yang dibawakannya.

Dalam seminar ini para peserta terlihat antusias yang mengajukan pertanyaan kepada para pembicara. Hal penting yang disampaikan dari pembicara dalam seminar ini adalah orang sejarah itu mengejar bukti tidak bisa ditulis tanpa dokumen dan sejarah akan hidup secara inter disipliner.

“Seminar ini diadakan karena perkembangan teknologi digital tampak semakin maju sehingga studi dan pendidikan sejarah diharapkan untuk dapat mengejar kemajuan-kemajuan tersebut”,Menurut ketua umum seminar, bapak Silverio.

Rangkaian acara seminar nasional sejarah Indonesia ini diakhiri dengan masing-masing panel yang diikuti.Salah satu mahasiwa yang mengikuti acara seminar tersebut yaitu Abed (17) mengatakan,”Seminar dilaksanakan ddengan lancar dan banyak ilmu yang dibagikan.Namun, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan seminar tersebut adalah absennya salah satu key note speaker materi yang mengarah pada ilmu pendidikan sejarah Silverio Raden Lirik A Sampurna berharap setelah selesainya rangkaian seminar ini para peserta seminar ini mampu mengembangkan dan meningkatkan penelitian sejarah dengan memanfaatkan teknologi digital serta dapat mengembangakan teknologi digital dalam pembelajaran sejarah kita masing-masing.

Penulis : Tyasti Anugrahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *