Happening Art TSD dan Ingsun Kritisi Pemindahan Parkiran

Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Seriboe Djendela (TSD) dan teater Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ingsun menggelar pertunjukan teater yang bertajuk Happening Art guna mengkritik kebijakan pemindahan lahan parkir di depan Panggung Realino dan Kantin Realino ke BasementGedung Pusat Kampus II Universitas Sanata Dharma (USD). Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat (2/10) pukul 13.00 di depan kantin Realino. Bentuk dari kegiatan ini adalah aksi teatrikal wayang orang, permainan sepakbola, dan camping. Maria Kiki A.S., mahasiswa jurusan PBSI 2013, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan cara menyampaikan protes yang bagus dan membuktikan bahwa mahasiswa USD dapat menyampaikan aspirasi secara kreatif dan tidak rusuh seperti kampus lain.

TSD dan Ingsun menggelar pertunjukan tersebut karena pemindahan lahan parkir menimbulkan banyak dampak. Di antaranya lahan parkir yang tidak digunakan menjadi kosong dan sepi karena tidak banyak aktivitas mahasiswa lagi di sana. Mahasiswa juga menjadi berjalan lebih jauh dari sebelumnya untuk sampai ke Kampus I. 

Pihak pedagang yang ada di Kantin Realino juga mengeluh bahwa omset dagangan menurun 40%. Sebab, mahasiswa yang biasanya parkir di Parkiran Realino justru memilih makan di tempat lain. Karena kondisi lahan parkir yang sepi, pembeli dari pihak luar juga tidak tertarik untuk membeli makanan di Kantin Realino. Theresia Sri Yuliastiti, penjual gado-gado di Kantin Realino, menuturkan bahwa sebelum pemindahan dilakukan, sore hari dagangan sudah habis. Tetapi setelah pemindahan, dagangan masih banyak di sore hari. Di lain pihak, salah seorang satpam USD, F.X. Sriyono, mengutarakan bahwa pemindahan ini berguna untuk mengurangi resiko pencurian, terutama helm. Selain itu, motor yang dititipkan mahasiswa di parkiran BasementGedung Pusat juga lebih terjamin keamanannya. 

Reporter:
Dionisius Sandytama Oktavian (Magang)
Seftyana Trisia Pardosi (Magang)
Ludgeryus Angger Prapaska (Magang)
Bangun Handoko (Magang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *