PBSDK Semarakkan Taman Budaya Yogyakarta

Mahasiswa Dayak Yogyakarta menggelar Pesta Seni dan Budaya Dayak Se-Kalimantan XIII (PSBDK) tahun 2015. Acara tersebut diadakan dari tanggal 1 hingga 3 Oktober 2015 di Taman Budaya Yogyakarta.  Stand makanan, permainan rakyat, 23 komunitas dan perlombaan tradisional turut menyemarakan PSBDK.

Tema kali ini yang diangkat adalah “Memperkokoh Nilai Kearifan Budaya Dayak dalam Transformasi Masyarakat Global”.  Acara yang sudah dimulai sejak tahun 2001 ini menjadi sarana memperkenalkan dan melestarikan budaya Dayak serta menjadi ajang berkumpul bagi komunitas-komunitas pelajar dari Kalimantan. “Acara ini ingin mengenalkan dan melestarikan budaya Dayak, agar dikenal di masyarakat,” ujar Egidius Santosa, koordinator lapangan PBSDK.

Selain sebagai kegiatan seni dan budaya, acara PBSDK juga menjadi ajang berkumpul bagi masyarakat Kalimantan terlebih para pelajar yang tergabung dalam beberapa komunitas pelajar Kalimantan. “Dari acara ini, kita bisa saling mengenal kebudayaan Dayak yang beranekaragam karena Kalimantan sangat luas,” tutur Octami Wideri, Forum Pelajar Mahasiswa Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Acara PBSDK juga menarik minat masyarakat umum untuk mengenal budaya Kalimantan. “Bagi saya kebudayaan Dayak itu luar biasa karena masih begitu dekat dengan unsur mistik. Maka dari itu, saya datang untuk mengetahui mengapa mereka bisa seperti itu,” kata Emiliya, salah satu pengunjung PBSDK.

Penulis
JB Judha Jiwangga
Reportase bersama
JB Judha Jiwangga, Paula Ela, Yunita Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *