Berbudaya Damai Melalui Media Sosial

Angkringan lintas iman yang diselenggarakan pada (05/11/2017) diikuti oleh beragam komunitas. Foto : Selda

 

Campus Ministry Universitas Sanata Dharma mengadakan workshop yang berkolaborasi dengan Komunitas Santri Gusdur Jogja. Workshop ini bertemakan “Berbudaya Damai Lewat Media Sosial” yang diadakan pada Minggu (05/11/2017) mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Kegiatan ini sudah dimulai oleh Campus Ministry sejak tahun 2013. Angkringan lintas iman diikuti oleh beragam komunitas, salah satunya adalah Komunitas Garuda Katolik Atma Jaya Yogyakarta.

“Kami mengangkat tema ini karena media sosial adalah salah satu corong atau fasilitas menyuarakan perdamaian,” ujar Via selaku panitia penyelenggara. Hal ini juga dilihat dari trending topic yang sering disuarakan, seperti keberagaman, perbedaan, perdamaian, dan sebagainya. Selain itu, kegiatan ini merupakan ajakan kepada komunitas-komunitas khususnya anggota yang memegang akun komunitasnya, supaya menjadi agen perdamaian di media sosial. Lewat angkringan lintas iman, mereka dilatih untuk mengelola media sosial supaya dapat membuat konten kreatif dan sekaligus menyebarkan perdamaian.

Dari kegiatan workshop yang telah diselenggarakan oleh Campus Ministry diharapkan bahwa anak muda bisa lebih peka terhadap apa yang terjadi di sekitar. Orang-orang dari Komunitas Santri Gusdur Jogja tidak hanya memberikan literasi tetapi juga mengajarkan bagaimana cara membuat konten, seperti meme dan gambar, untuk menyuarakan perdamaian dan juga membuat editorial plan. “Semoga anak muda zaman sekarang lebih bisa menggunakan media sosial dengan baik” pesan Berlinda, salah satu peserta Angkringan Lintas Iman.

 

Penulis & reporter : Griselda Afni W.

Pendamping & editor : Pendamping: Atanasius Magnus, Nabilla Maharani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *