Keberhasilan PSM Cantus Firmus USD di Kancah Internasional

              Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Cantus Firmus berhasil mewakili Universitas Sanata Dharma (USD) dalam Asia Pasific Choir Games 2017 di Sri Lanka. Kompetisi yang telah diselenggarakan selama empat hari ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai negara se-Asia Pasifik. Tahun ini menjadikan Cantus Firmus pertama kalinya mendapatkan kesempatan untuk menampilkan kebolehannya dalam kompetisi skala internasional. Keberangkatan PSM Cantus Firmus pada Jumat pagi (20/10/2017) lalu dilepas oleh Romo Robertus In Nugroho Budisantoso.

              “Perasaan saya saat ini sangat excited, tapi juga grogi dan nervous,” ungkap Esta Jonaria (PBI 15), salah satu vokalis PSM CF. Gadis itu mengatakan bahwa kegiatan ini cukup menguras tenaga dan waktunyan, namun ia tetap meluangkan waktu kuliah demi mempersiapkan kompetisi ini. Bonaventura Bagas Nugraha Aji, selaku koordinator PSM Cantus Firmus, juga memastikan segala sesuatu yang harus dipersiapkan menjelang keberangkatan, sekalipun ia sendiri tidak ikut pergi ke Sri Lanka. Total terdapat 34 kru PSM CF yang mengikuti ajang tersebut. “Semangat para anggota juga menjadi pemicu saya dan tetap kesehatan para anggota tetap menjadi prioritas,” ucapnya ketika diwawancara oleh awak natas. Ia mengaku bangga karena PSM Cantus Firmus dapat mengikuti kompetisi tersebut.

Awak natas yang sedang mewawancarai Bagas selaku koordinator umum PSM CF, di depan Lapangan Realino menjelang keberangkatan Cantus Firmus menuju Sri Lanka (20/10). Dok : Natas

           Hasil kerja keras mereka pun terbayar manis. Hari ini (25/10), Cantus Firmus diumumkan mendapat beberapa penghargaan, antara lain:

  1. Peringkat 1 kategori Folklore A Capella-Open Competition Golden Diploma level 3,
  2. Peringkat 1 Kategori Mix Youth Choirs-Open Competition Golden Diploma level 2,
  3. dan Peringkat 2 Grand Prix of Nation of Colombo 2017-Gold Medal.

            Pengalaman ini sekaligus menjadi momen emas Cantus Firmus mengingat ini pertama kalinya mereka mendapatkan poin di kancah internasional. Semoga PSM Cantus Firmus USD dapat terus membawa harum nama USD.

Penulis & Reporter: Griselda Afni W., Felicia Tungadi, Veronica Sekar K., Ni Luh Putu Rusdiyanti

Pendamping: Atanasius Magnus, Nabilla Maharani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *