5 Cara Menjaga Konsentrasi

Sumber : google
“Sukses biasanya akan datang pada mereka yang terlalu sibuk mencarinya,” anonim

Salah satu kunci sukses kuliah adalah konsentrasi mengerjakan segala sesuatu hal. Tapi kondisi kehidupan yang sangat sibuk dan kerap menuntut kita melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan sulit rasanya untuk tetap konsen. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita tetap konsentrasi dan lebih produktif, berikut lima di antaranya : 
 1. Bantuan Kafein
Anda tentu sudah sering mendengar efek luar biasa kopi, bukan? Tapi, alih-alih minum kopi terus-menerus, coba jangan dulu menyeruput kopi sebelum Anda duduk di meja kuliah dan mulai menyelesaikan beberapa pertemuan kuliah. Seduhlah secangkir kopi panas 30 menit sebelum mulai berpikir dan beraktifitas. 
2. Duduk di Dekat Jendela
Anda jarang ke luar untuk makan siang? Tak masalah, temukan saja sudut yang cukup berlimpah sinar matahari di rumah, kontrakan, asrama atau kos dan duduk di sana beberapa menit setiap beberapa jam. Sinar matahari alami bisa meningkatkan mood dan keterjagaan jadi Anda bisa lebih konsentrasi dan bahagia.
3. Gunakan Terapi Aroma
Aroma tertentu seperti peppermint atau kayu manis bisa menstimulasi otak dan membuat Anda lebih terjaga. Nyalakan lilin wangi atau letakkan botol mungil berisi minyak esensial untuk Anda hirup saat merasa lelah di siang hari.
4. Asupan Lemak Sehat
Anda bisa mendapat asupan lemak sehat omega-3 dari makanan seperti avokad, kenari, salmon, dan tuna. Rutin mengonsumsi omega-3 ampuh meningkatkan mood dan daya ingat serta mempercantik kulit Anda.
5. Hentikan Multitasking
Membagi konsentrasi terhadap beberapa hal tidaklah efisien. Resiko membuat kesalahan pun lebih besar ketimbang Anda harus berkonsentrasi penuh terhadap satu hal sebelum beralih pada hal lainnya. Hentikan melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan (multitask). Akan jauh lebih baik jika Anda bisa menggunakan aroma kayu manis saat melakukan tugas ini. 

oleh : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *