Syawalan Sanata Dharma Student Residence : Perbedaan Dalam Kebersamaan Itu Indah

“Kita memang diciptakan dengan bentuk yang berbeda. Tapi kita juga diciptakan dengan potensi yang sama, sehingga derajat kita menjadi sejajar”

Hj. Mohammad Isa sedang menyampaikan tausiyah pada syawalan komunitas Sanata Dharma Student Residence (5/8/2016) Dok. natasmedia.com/Fileks
Sanata Dharma Student Residence mengadakan Syawalan komunitas (5/8/2016) dengan tema, Perbedaaan Dalam Kebersmaan Itu Indah. Student Residence USD ialah asrama bagi mahasiswa-mahasiswi yang sedang menimba ilmu di Kota Pelajar khususnya di Universitas Sanata Dharma.  Komunitas ini sering disebut sebagai Indonesia mini, sebab bercorak pluralisme (suku, agama, ras, antargolongan, -red). 
Dok. natasmedia.com/Atan

Idul Fitri menandai adanya bergantinya bulan Ramadhan menuju bulan Syawal. Sepekan usai merayakan hari kemengangan, orang  Jawa mengenal istilah Syawalan. Tradisi ini (bagi orang Jawa, –red) sudah menjadi ritual rutin yang digelar sepekan setelah Idul Fitri atau setelah menjalankan puasa Syawal selama enam hari. Syawalan sudah menjadi tradisi di berbagai daerah di pulau Jawa, terlebih di Yogyakarta dengan keunikannya masing-masing. Dalam pengantar tausiyahnya (homili, khotbah, -red), Hj. Mohammad Isa, menjelaskan bahwa tidak menjadi masalah syawalan itu dilaksanakan harus sesuai momentumnya. Perayaan syawalan baru dilaksanakan sekarang, itu tidak menjadi masalah. Toh, ini tradisi dari Jawa, ungkapnya.

Hj. Mohammad Isa mengatakan bahwa semua perbedaan itu bukanlah menjadi alasan untuk berpecah belah, atau saling menghujat dan menjatuhkan. “Berbagai macam fenomena yang sering timbul di tengah hingar binger perbedaan (pluralisme, -red) biasanya mengakibatkan seseorang  terlalu berlebihan dan terlalu kaku (tidak fleksibel) dalam berpikir, bergerak, dan belajar,” imbuhnya. Menurut Hj. Mohammad Isa, ada tiga kunci untuk merayakan hidup indah dalam perbedaan yaitu, pertama, suka bersedekah. Kedua, tidak mudah marah. Dan terakhir, suka memaafkan orang lain.
Selain syawalan komunitas,  rangkaian acara ini dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru Student Residence USD periode 2016/2017. Uniknya pula, syawalan komunitas ini juga diisi dengan rangkaian hiburan dari kelompok difabel Karangmojo, Gunungkidul dan diakhiri dengan salam-salam memaafkan.
Penulis : Fileksius Gulo
Reportase Bersama : Atanasius Magnus Ayus Balistha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *