Parade Gamelan Anak 2016

              Parade Gamelan Anak 2016 : Aku Dengar Gamelan, Aku Dengar Indonesia

              Parade Gamelan Anak 2016 diselenggarakan pada Minggu (23/10) pukul 09.00-15.30 WIB di Panggung Terbuka Realino, Kampus II Universitas Sanata Dharma. Mengambil salah satu konsep dari pidato Ir. Soekarno pada tahun 1962 saat pertemuan pemuda di Solo “Bila aku mendengar gamelan maka aku mendengar Indonesia”, maka tema parade gamelan tahun ini yaitu Aku Dengar Gamelan Aku Dengar Indonesia. Parade gamelan anak merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan Universitas Sanata Dharma (USD). Parade gamelan anak yaitu sebuah acara pagelaran gamelan yang tidak menitikberatkan pada kejuaraan, namun dengan mengapresiasi semua peserta yang tampil dan bergabung dalam acara parade gamelan anak. Penggagas acara parade gamelan anak pertama kalinya yaitu Rm. Dr. Gregorius Budi Subanar, bapak Prof. Dr. Djohan Salim, dan bapak Pardiman Djoyonegara.

 

penampilan dari Bina Siwi ketika mengikuti Parade Gamelan Anak 2016. Sumber : www.instagram.com/pargem2016
“Kita tahu gamelan dan ngerti gamelan, tetapi belum sempurna jika belum menghidupi gamelan karena gamelan itu kan intinya mengolah rasa. Jadi, dengan mendengarkan gamelan, diharapkan kita dapat hidup berperasaan, tahu bagaimana bersikap, danmelakukanny,ungkap Aji, ketua umum parade gamelan anak 2016.
suasana parade yang diramaikan dari berbagai SD

Sebagian besar panitia parade gamelan anak yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dari 65-70 undangan yang disebar ke berbagai SD di Jawa Tengah dan DIY, terpilih 16 SD, yaitu (1) SD Pangudi Luhur Sedayu, (2) SD Kanisius Klepu, (3) SD Pangudi Luhur Surakarta, (4) SD Negeri Sendangharjo, (5) SD Johanes Bosco Baciro, (6) SD Kanisius Ganjuran, (7) SD Kanisius Ngapak, (8) SD Negeri Karangnongko 1, (9) SD Negeri Glagah 3, (10) SD Kanisius Wirobrajan, (11) SD Negeri Kroyolor, (12) SD Kanisius Kalasan, (13) SD Negeri Krajan, (14) SD Tumbuh 1, (15) SD Kanisius Sumber, dan (16) SD Kasatriyan Surakarta.

 

Pengamat parade gamelan tahun ini yaitu Prof. Dr suminto A. Sayutiv, Drs. Budi Raharja, M.Hum., dan Budi Pramono. Acara parade gamelan anak dibuka dengan musik dari Unit Kegiatan Prodi Karawitan Jawantara yang mengiringi tamu undangan masuk ke dalam panggung terbuka Realino.

penulis : Tiwi Wira Pratika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *