Menilik Toyota “Kijang” Termewah

sumber : http://www.ototaiment.com/

Sabtu, 21 Januari 2017 lalu, saya dan beberapa kawan berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta untuk sekedar ngadem. Saat melewati atrium, ada hal yang menarik perhatian saya. Di sana, sedang berlangsung pameran Toyota yang menampilkan mobil-mobil terbaru mereka. Di antara lima mobil yang dipamerkan, ada satu yang menarik minat saya. Ya, mobil itu tak lain dan tak bukan ialah ‘All New Kijang Innova Venturer’ yang seminggu silam dilaunching PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN). Mobil ini sekaligus menjadi Toyota ‘Kijang’ termewah dan juga termahal yang pernah ada. 

Tanpa buang waktu, saya langsung mendekati mobil berwarna hitam tersebut. Untuk diketahui, ‘Venturer’ kini menduduki tahta sebagai tipe tertinggi di antara semua varian All New Innova, yang semula ditempati tipe ‘Q’. Venturer sendiri tak ubahnya tipe Q yang dibuat lebih mewah, gagah, dan sporty. Ini bisa dibuktikan dengan penambahan over fender berwarna hitam yang membuatnya terkesan lebih macho. Ukuran velg berikut desainnya masih sama dengan tipe Q, yaitu berukuran 17 inchi, tetapi untuk Venturer diberi warna hitam supaya terlihat sporty. Namun, yang menjadi catatan, penambahan over fender justru membuat mobil ini terlihat cingkrang jika dilihat dari samping, kecuali sang owner mau mengganti ban dan velgnya dengan ukuran yang lebih besar, semisal 18 inchi. 
Tak cukup sampai disitu, kesan sporty tadi juga didapatkan dari bodykit berwarna hitam yang “menggendong” ornamen krom. Saya memahami Toyota ingin membuat mobil ini semakin mewah dan elegen dengan krom, namun ornamen ini justru membuat mobil terkesan norak. Namun, ini subjektif, penilaian orang berbeda-beda. Kemudian, untuk Venturer, bagian grill full berwarna hitam yang lagi-lagi menguatkan kesan sporty.
Selain mengupgrade bagian aksesoris dan jok dari tipe Q, Toyota juga menambah fitur safety dari Venturer ini yang patut diacungi jempol.  7 airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Engine Brake Distribution (EBD), Anti-Lock Breaking System (ABS), dan Break Assist (BA) dipastikan tersemat di mobil ini. Namun, jangan senang dahulu. Jika ingin mendapatkan itu semua, konsumen harus membeli varian termahalnya, yaitu yang bermesin diesel bertansmisi otomatis yang berharga 446 juta. Sedang varian manualnya dan bensin, baik otomatis maupun manual harus puas hanya dengan 3 airbags, ABS, EBD, dan BA saja. Hmm, fitur keselamatan masih dibedakan berdasarkan uang, ya… 
Lantas, apa kesimpulan mengenai mobil ini. Ketika saya bertanya kepada seorang salesman Toyota mengapa pabrikan tersebut mengeluarkan model Venturer ini, dengan jujur ia mengatakan, “Kami ingin memenuhi permintaan konsumen untuk mobil keluarga yang nyaman namun tangguh di jalanan yang kurang bersahabat, tentunya dengan tambahan unsur sporty dan kemewahan.” Well, jika menilik apa yang ada di mobil ini, jawaban tersebut ada benarnya. Namun, dengan harga 446 juta, apakah mobil ini cukup worthed dengan apa yang ditawarkannya? Jawaban lagi-lagi kembali ke masing-masing individu. 

Penulis dan reporter: Dionisius Sandytama Oktavian 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *