Malam Festival Sastra

Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia (HMPS) Universitas Sanata Dharma (USD) kembali menggelar acara festival sastra yang bertempat di Student Center – Kantin Realino, Kampus II, USD, Minggu (30/04) malam. Acara tersebut merupakan malam puncak dari rangkaian kegiatan yang diadakan pada 22 April – lomba baca puisi tingkat SMA/SMK se-DIY dan Jawa Tengah, dan 23 April – bedah buku kumpulan puisi. Dalam acara itu pun, turut didukung oleh penampilan dari pemenang lomba baca puisi, mahasiswa Sastra Indonesia 2014, Beringinrimbun, Korekayu, dan Jonoterbakar – yang berlangsung dengan meriah.
Pada tahun ini festival tersebut mengusung tema yang bertajuk “Membumikan Kata Melangitkan Kita”. Fany, anggota panitia festival sastra menjelaskan, arti dari tema itu terinspirasi dari peringatan Hari Bumi yang jatuh pada bulan April. “Dalam konteks tersebut kita sebagai manusia bisa menghasilkan ‘kata’, dari kata itu pasti mempunyai arti yang ‘tinggi’ dan itu yang melangitkan kita. Jadi seakan-akan kita memiliki kata-kata, tetapi artinya itu dapat menjadikan kita orang besar atau seorang yang lebih tinggi derajatnya,” tambahnya
Di sisi lain, Novit selaku ketua panitia menuturkan, kegiatan ini merupakan acara tahunan dari mahasiswa Sastra Indonesia USD. “Ini acara kedua kali yang telah dilaksanakan dan akan dibuat acara setiap tahunnya,” tukasnya.

Penulis dan Reportase: Ludgeryus Angger Prapaska

Pembacaan puisi oleh siswa-siswa SMA Seminari Menengah Mertoyudan. Foto: Gery. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *