Upacara Penerjunan KKN PPM Reguler USD

Mrican – Selasa (5/8) Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar upacara penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Reguler Angkatan XLVIII periode Agustus – September 2014 di Panggung Realino. Sebanyak 238 orang peserta dibagi dalam 40 kelompok kecil yang akan . Gregorius Punto Aji, S.Pd., M.Hum.(Ketua Pusat KKN PPM USD), membuka upacara dengan memberikan laporan persiapan KKN pada Drs. Johanes Eka, M.Sc., Ph.D.(Rektor USD).
KKN memiliki tujuan utama untuk membentuk karakter peserta dengan berlandaskan conscience, competence, dan compassion (3C). Tujuan KKN PPM tidak lepas dari tema khusus periode ini: membangun potensi untuk membangun masyarakat yang lebih baik. Menurut Punto, tujuan utama tersebut dicapai dengan interaksi mahasiswa dengan masyarakat, analisis sosial dan melaksanan program pemberdayaan masyarakat, refleksi atas pengalaman selama atau di akhir KKN PPM.
KKN PPM periode Agustus – September 2014 akan berlangsung di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Gedang Sari, Desa Watu Gajah dan Tegal Rejo. Kegiatan ini berlangsung selama 39 hari setara dengan 240 jam kerja dengan sistem live in.
Gunung Kidul dipilih sebagai tempat pelaksanaan KKN karena beberapa faktor, yaitu faktor sosial, ekonomi, dan geografis. “ (LPPM) mencari tempat yang secara taraf ekonomi masyarakatnya lebih rendah. Selain itu, secara geografis diharapkan supaya mahasiswa memiliki penglaman yang berkesan dan paling tidak merasa lebih beruntung.” Ujar Gregorius Kunto Adi.
Persiapan sudah mantap,” ujar Yosh, Program Studi Teknologi Informasi 2010 ketika ditanya soal persiapannya menjelang KKN. Monic, PBI 2011, menjelaskan bahwa persiapannya menjelang KKN ialah menyusun program kerja, perlengkapan pribadi, dan kekompakan kelompok.
Johanes Eka Priyatma berharap para mahasiswa sungguh-sungguh menikmati apa yang ada. Rektor USD juga berharap agar peserta KKN PPM memiliki empati dengan orang-orang yang berbeda.

Baca juga :

Insadha 2014, Cerdas dan Humanis?
Sapaan Tim Indonesia Mengajar bagi Mahasiswa Baru USD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *