Perubahan Mencolok Insadha 2017

Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarata, Senin (31/17) dipenuhi oleh para mahasiswa baru yang sedang menjalani Inisiasi Sanata Dharma (Insadha). Insadha 2017 kali ini mengusung tema “Jadi Diri Sendiri, Bersatu dalam Aksi, Kebhinekaan Menginspirasi”. Kegiatan yang telah dimulai sejak tanggal 26 Juli 2017 ini akan berakhir pada malam inagurasi yaitu pada 12 Agustus 2017. Sekilas, Insadha 2017 terlihat sama dengan Insadha pada tahun-tahun sebelumnnya. Namun, ada beberapa kebijakan yang membuat Insadha pada tahun ini berbeda dengan Insadha-Insadha sebelumnya.
          Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Insadha 2017 yang diikuti sekitar 2.400 mahasiswa baru ini dibagi menjadi 3 gelombang. Kebijakan Insadha susulan yang diterapkan di tahun-tahun sebelumnya juga dihapuskan. Mahasiswa baru yang tidak mengikuti Insadha akan diberi tugas pengganti sebagai konsekuensi. Tugas pengganti ini akan diberi oleh Wakil Rektor (WR) III bersama dengan wakil ketua prodi masing-masing jurusan.”Intinya tugas ini dibuat oleh mahasiswanya dan dikumpulkan secara perorangan,” terang Djindriska Putri Suprapto selaku Steering Commite (SC) Insadha 2017. Akumulasi dana yang digunakan pada Insadha tahun ini juga lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu. Putri menyatakan bahwa nominal dana yang digunakan berada pada kisaran Rp 345.000.000,00.
Perbedaan lain yang mencolok adalah kebijakan turunnya lima dosen Sanata Dharma yang akan mendampingi para panitia Insadha. Ini adalah pertama kalinya dosen turut ambil bagian dalam kepanitian Insadha di sejarah  Universitas Sanata Dharma. Dr. Yohannes Babtista Cahya Widiyanto M.Si, Budi Setyahandana M.T, Nicko Kornelius Putra S.E., M.Sc, FX. Risang Baskara M.Hum dan Patrick Vivid Adinata M.Si menjadi pendamping para panitia Insadha tahun ini. Mereka akan mendampingi para panitia dalam bidang keuangan, acara, lapangan dan evaluasi. “Semua perubahan ini untuk mencapai hasil yang optimal,” terang Emanuel Bele Bau selaku sekretaris WR III saat ditanya awak natas terkait perubahan-perubahan kegiatan Insadha pada tahun ini.
Penulis: Yosaphat Made D.S
Reporter: Atanasius Magnus, Clarita & Fani Stefani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *