Seruan Aksi Women’s March Yogyakarta

      Natasmedia.com – Dalam Women’s March Yogyakarta, puluhan massa aksi turun ke jalan untuk menyuarakan kesetaraan gender. Aksi ini dimulai dari Abu Bakar Ali sampai dengan Titik 0 KM Yogyakarta, Minggu (28/04/2019)

Di saat liburan akhir pekan, sejumlah massa yang menamai aksi mereka sebagai Women’s March melakukan unjuk rasa di sepanjang jalanan Malioboro. Titik kumpul long march berada di Abu Bakar Ali menuju Titik 0 KM, sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, banyak peserta yang menggunakan poster-poster bertuliskan ajakan kepada masyarakat Malioboro serta Yogyakarta untuk sadar akan perlunya kesetaraan gender.

Peserta aksi yang menggunakan poster untuk mengajak serta menberitahukan tentang kesetaraan gender.

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap isu-isu wanita dan LGBTIQ yang mereka nilai masih terdiskriminasi. Seperti menuntut hak-hak para korban kekerasan seksual, memberikan kemudahan terhadap LGBTIQ untuk membuat KTP, menuntut kurikulum pendidikan yang adil berbasis gender, menuntut peningkatan syarat usia pernikahan bagi perempuan dan laki-laki sekurang-kurangnya 21 tahun, menuntut akses layanan kesehatan berperspektif gender, dan masih banyak yang lainnya.

“Ketika suara itu terus diperdengarkan akan lebih banyak orang teredukasi dan lebih banyak lagi yang mendukung,” ucap Yosephin Anggun selaku humas Women’s March.

Peserta aksi juga diberikan panggung orasi oleh pihak penyelenggara secara bergantian menyampaikan atau pun mewakili aspirasi dari komunitas-komunitas yang nantinya untuk dibagikan kepada khalayak umum sebagai bentuk keresahan mereka.

tampak peserta yang sedang melakukan orasi

“Perjuangan kita masih panjang dan walaupun memang tidak sampai di sini, tetapi pun tidak boleh berhenti,” ujar Yosephin Anggun.

“Lawan patriarki, hidup perempuan yang melawan!” teriak massa aksi.

 

Penulis: Vincentius Dandy

Editor: Rusdiyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *