Kirab Seni FKY 26

 Ekspresi semaraknya kirab seni FKY 26
doc. natas
Rabu, 20 Agustus 2014, kirab seni membuka Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang ke 26 dan dimulai di seputaran Tugu Yogya pada pukul 16.00 WIB. Acara kirab seni berupa parade budaya yang diikuti oleh 26  komunitas seni yang ada di wilayah Yogyakarta antara lain Papermoon Puppet Theatre, Jampi Gugat, 26 angkringan. Rute kirab seni diawali dari kawasan Kali Code Jln. Jend. Sudirman ke barat menuju Tugu kemudian menuju Jln. Margo Utomo (Jln. P. Mangkubumi) dan berakhir di tempat parker PLN Mangkubumi. Menurut Ocha, sukarelawan FKY 26, daerah Tugu Yogya dipilih sebagai lokasi pembukaan karena menjadi salah satu pusat keramaian kota.
Konsep FKY tahun ini berbeda dengan kegiatan FKY pada tahun sebelumnya. FKY 26 tidak hanya mencakup komunitas seni dan budaya yang ada di Yogyakarta namun juga komunitas dari berbagai kabupaten di provinsi Yogyakarta. “FKY tahun ini spesial karena melibatkan semua kabupaten yang ada di Yogyakarta,” ujar Ocha salah satu sukarelawan FKY 26.
Area Tugu Yogya telah dipadati warga, bahkan sebelum acara sudah dimulai. Warga datang berduyun-duyun untuk menonton kemeriahan kirab seni pembukaan FKY 26 sekaligus menjadi hiburan gratis. “Saya sudah datang dari jam 3, parkir di dekat panggung (di bagian selatan Tugu),” tutur Suryati salah satu pengunjung kirab seni FKY 26.
Menurut Verosa, Nanda, dan Irma, pengunjung FKY 26, acara kirab seni menambah daya tarik pariwisata Yogyakarta. Tiga orang mahasiswi jurusan pariwisata di salah satu universitas di Yogyakarta itu mengatakan bahwa FKY menjadi kegiatan yang menarik, apalagi untuk dunia pariwisata. Mereka juga menambahkan bahwa acara ini dapat mengundang wisatawan untuk datang ke Yogyakarta sekaligus memperkenalkan budaya tradisional dari setiap daerah di Yogyakarta.
Penulis: JB Judha Jiwangga
Reportase Bersama: Azizta Laksa, Laksmi Anindita, Gayuh Pendhika

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *