Semarak FKY 26, Semrawut Lalu Lintas Tugu

Semrawut-Pengendara Sepeda Motor Terjebak Macet di Kirab Seni FKY 26
doc.
natas
Jogja— Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di Jembatan Gondolayu ke arah Tugu, pada Rabu, 20 agustus 2014 macet total. Kemacetan ini dikarenakan pawai kirab seni FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) ke 26. Kegiatan yang dilaksanakan dari 20 Agustus 2014 sampai 9 September 2014 dimulai dengan pawai kirab seni. Kirab ini diikuti oleh 26 kontingen yang terdiri dari komunitas kebudayaan, kabupaten dan street art. Rute kirab seni FKY 26 yang dimulai pada pukul 16.00 WIB adalah dari kawasan Kali Code, Jalan Jend. Sudirman ke barat arah Tugu melewati sepanjang Jalan Margo Utomo (Jalan P. Mangkubumi) dan berakhir di Parkir PLN Mangkubumi-Kedaung.
Menurut pantauan reporter natas, lalu lintas pada Jalan Jenderal Sudirman terpantau padat terutama oleh kendaraan roda dua. Beberapa pengendara yang terjebak di kemacetan menyayangkan ketidaksigapan panitia. “Saya mau njemputanak saya disekolahan. Kasihan dianya sudah nunggu lama,” ujar Retno, salah satu pengendara sepeda motor yang terjebak kemacetan. “Harusnya ditulisi ada festival atau gimana gitu, kan kasihan kalo yang tidak tahu,” tambah ibu yang baru pulang dari kantornya. Senada dengan Retno, Abdul juga menyayangkan ketidaksigapan panitia. “Saya sudah tanya kepada dua panitia, tapi mereka cuma berkata tidak tahu saja. Kita (pengendara-red) ini harus gimana?” keluh Abdul ketika ditanyai oleh reporter natas.
Dalam kemacetan tersebut, pengendara yang tidak sabaran sempat bersitegang dengan penonton. Menurut pantauan reporter natas, beberapa penonton marah-marah melihat pengendara membunyikan klaksonnya.
Ketika natas menanyakan perihal kemacetan tersebut, panitia penyelengara FKY 26 menjelaskan bahwa kemacetan dikarenakan kurangnya koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Mungkin kurang koordinasi. Ada yang membuka jalan khusus buat roda dua. Padahal, seharusnya semua kendaraan tidak diperbolehkan,” jawab Ari, Ketua II FKY 26. Ketika ditanya tentang siapa yang membuka jalan, Ari mengaku tidak tahu. Menurutnya, sosialisasi tentang penutupan jalan saat pembukaan FKY 26 sudah dilaksanakan sejak sebulan lalu. “Kita sudah berikan (sosialisasi-red) ketika memberikan pernyataaan pada media bahwa kita akan menutup  arus lalu lintas di perempatan tugu (sore ini-red) dan nanti malam untuk opening FKY 26,” tegas Ari.
Lalu lintas kembali lancar pada pukul 17.10 setelah jalan kembali dibuka dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Margo Utomo (Jalan Pangeran Mangkubumi). “Pelaksanaannya alhamdulilah lancar dengan simpul-simpul jalan (yang sudah diatur-red) sedemikian rupa. Lalu lintas tetap bisa lancar walaupun hanya satu lajur. Kegiatan utama pada saat pawai sudah berjalan dengan baik,” ujar Komisaris Polisi (Kompol) Supri. “Berdasarkan surat perintah dari Pak Kapolresta, personil yang diterjunkan ada 45 orang dari Polsek Jetis dan 200an orang dari Polresta, termasuk untuk kegiatan nanti malam (pembukaan FKY 26-red)” Tambah Kompol Supri. 
Penulis: Azizta Laksa Mahardikengrat
Reportase Bersama: JB Judha Jiwangga, Azizta Laksa Mahardikengrat


Baca juga :

Kirab Seni FKY 26

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *