Engine Tune Up: Pengabdian bagi Masyarakat Melalui Servis Motor Gratis

             Yogyakarta (24/2018), bertempat di Lapangan Realino Kampus 2 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD), Program Studi Teknik Mesin Universitas Sanata Dharma menggelar acara ‘’ Engine Tune Up 2018 ‘’. Acara ini digelar setiap tahun  sebagai salah satu wadah untuk pelayanan masyarakat, sekaligus sebagai salah satu ajang perkenalan Program Studi ke masyarakat luas. Acara ini dimulai pada pukul 07.30 hingga p 23.30 WIB.

         Engine Tune Up sendiri dirintis sudah sejak 20 tahunan yang lalu, bersamaan dengan berdirinya Prodi Teknik Mesin pada tahun 1993. Pada awal berdirinya, para dosen dan mahasiswa berinisiatif untuk kemudian memberikan pelayanan, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk servis motor gratis di luar kota seperti Bantul dan Wonosari  atau ditempat tempat yang sekiranya masih membutuhkan. acara ini pun berkembang seiring berjalan nya waktu sampai sekarang.

     Acara tahun ini menggelar serangkaian kegiatan, yaitu lomba Dance, mural, graffity, dan modifikasi motor. Hadiah bagi pemenang lomba yaitu berupa  piala, sertifikat, dan uang tunai. Adapun servis motor gratis dan cars meet up untuk para pecinta mobil modifikasi, serta malam puncak berupa konser sebagai penutup acara. Untuk acara modifikasi motor sendiri di ikuti oleh 107 motor dari berbagai asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, dan Jawa Timur, serta  75 mobil untuk cars meet up. Terdapat dua  kategori lomba, yaitu pelajar untuk kategori lomba mural, Dance, grafity, dan kategori umum untuk lomba modifikasi motor.

      Penonton dalam  acara tersebut mencapai 3000 penonton. Acara ini dibuka gratis untuk para mahasiswa Teknik Mesin dan Para alumni teknik mesin. Malam puncak Engine Tune Up  dimeriahkan oleh Music Perfom by O.M. MARAKA, JB BLUES, dan dua guest star yaitu FSTVLST, dan STARS AND RABBIT.

           Menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi panitia, karena mampu menggelar acara  besar ini dengan persiapan waktu 1 tahun dan fokus 4 bulan, dengan subsidi yang minim dari pihak kampus. Kendati demikian,  besar usaha  panitia untuk  mampu mengusahakan dana dari  pihak sponsorship dan alumni untuk acara tersebut. “ Harapan kedepannya, semoga acara Engine Tune Up semakin maju lagi, terus untuk servisnya semakin maju lagi untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.” ucap  Dicky Pradipta Putra, selaku Ketua Panitia acara.

“ Semoga para mahasiswa semakin luas jangkauannya  untuk berorganisasi, berlatih, semakin tajam, semakin dewasa. Kami berharap persiapannya maksimal.  Kita memberikan wahana, memberikan wadah, supaya teman teman punya motor dan mobil, menyalurkan hobinya berkompetisi secara positif tidak liar dijalan, sekaligus mengasah imajinasi untuk memodifikasi kendaraan agar semakin berkembang. “ Ucap  Budi Setyahandana selaku dosen penanggung jawab kegiatan.

Reporter: Clara Vani

Editor: Fani Stefani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *