Menumbuhkan Rasa Kemanusiaan, LEM FKT UGM Rutin Mengadakan Donor Darah

Mengusung sebuah jargon “A Bood For A Milions Dreams” Departemen Sosial Masyarakat (Sosmas) Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (FKT UGM), mengadakan acara donor darah selama dua hari pada hari Selasa (23/10) hingga Rabu (24/10). Acara yang diselenggarakan secara rutin ini bertempat di lobi gedung B FKT UGM pada pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Achmad Romli selaku Deputi Departemen Sosmas menceritakan bahwa acara seperti ini diadakan dengan dilatarbelakangi oleh salah satu misi keluarga mahasiswa untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan. “Nah kita di sini memfasilitasi buat temen-temen KM buat bisa donor yang lebih dekat,” tambahnya.

Bekerja sama dengan Unit Pelayanan Tranfusi Darah (UPTD) RSUP Sarjito, acara ini berhasil mengantongi kurang lebih 51 kantong darah pada hari pertama. Melihat banyaknya kantong darah yang didapatkan, antusias dari banyak peserta dapat dirasakan, ditambah situasi antrean selalu terisi oleh para mahasiswa dan tidak terkecuali oleh dosen dan staf. Achmad berharap, ada banyak darah yang diproduksi atau dihasilkan bagi yang membutuhkan. “Ya kalau dari kata dreams kan untuk meraih mimpinya, walau dia sakit kan supaya bisa sembuh dan melanjutkan tujuan hidupnya,” ujar Achmad.

Roy (20) salah satu mahasiswa FKT mengaku lega setelah mendonorkan darahnya. Walau ada perasaan takut di awal, ia mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan apa yang ia lakukan. “Ya kalau bisa meringankan kenapa nggak kan,” imbuhnya. Ada juga seorang mahasiswa Sanata Dharma, Patrick (18) yang ikut serta dalam acara donor darah tersebut. Ia mengaku bahagia karena manfaat dari mendonorkan darahnya, selain membantu nyawa orang lain juga baik untuk kesehatan dirinya. Patrick juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan rutin untuk misi kemanusiaan karena banyak orang yang mungkin membutuhkan bantuan.

Penulis: Vinsensius Adi

Editor: Yohanes Arkiang

Peserta donor darah FKT UGM dan petugas UPTD RSUP Sarjito di sampingnya, sumber: natas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *