Yogyakarta – Student Hall, Universitas Sanata Dharma (USD). Dalam rangka pemilihan umum presiden dan wakil Presiden USD, beberapa agenda diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan para pasangan calon (paslon) kepada mahasiswa. Salah satu agenda yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah dengan mengadakan Debat Kandidat yang bertema “Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi, Konsisten Kembangkan Potensi, dan Kompeten Mencari Solusi”. Dari tema besar tersebut, KPU membaginya menjadi lebih spesifik dengan berlandaskan tiga poin utama yang ada.

Agenda Debat Kandidat ini sebelumnya telah sukses dilaksanakan pada Kampus 3, Paingan dan Kampus 5, Kotabaru sebelum akhirnya dilaksanakan di Kampus 1, Mrican. Selain menjadi medium untuk mahasiswa mengenal lebih jauh para paslon, agenda yang dibuat oleh KPU USD ini juga berguna untuk ‘menjual’ wacana para paslon itu sendiri.

Terdapat perbedaan antara pemilu tahun ini dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya, yaitu jumlah pasangan yang terhitung banyak, sebanyak 4 pasangan calon. Ketua KPU USD, Gabriela berkata bahwa dengan adanya empat paslon mungkin suara yang didapat oleh pemenang tidak dapat mewakili mahasiswa. “Tapi ini menunjukan seberapa aktif Mahasiswa Sanata Dharma sekarang,” lanjutnya.

Debat Kandidat terakhir yang dilaksanakan pada Kamis sore (25/10) ini dihadiri oleh keempat pasangan calon, kecuali paslon nomor tiga yang hanya datang sendiri sebab pasangannya harus mengikuti Ujian Sisipan. Debat yang dibagi menjadi tiga segmen ini dimeriahkan oleh Bialala Band serta English Letters Music Organization (ELMO) sebagai penghibur di setiap pergantian segmennya.

                                                                                                                            Penulis : Maureen Clarisha Lanongbuka

                                                                                                                            Editor    : Veronica Septiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *