Paingan Festival 2014: USD Peduli dengan Masyarakat

Penampilan Pongki Barata saat mengisi
acara Paingan Festival 2014
Sabtu (25/10) –  Paingan Festival 2014 diadakan di Kampus III Universitas Sanata Dharma (USD) Paingan, Maguwoharjo, Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan oleh program studi (prodi) USD yang berada di Kampus III Paingan dan menjadi rangkaian Dies Natalis USD ke- 59. “Acara ini juga bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa dengan warga karena kita ada di sini karena warga,” ujar Rosa Devi Sukmaningrum (20), ketua panitia Paingan Festival 2014.
Rangkaian acara dibuka dengan jalan sehat lalu dilanjutkan dengan jatilan, bazaar murah dan open house program studi di Kampus III USD. “Warga antusias untuk mengikuti acara ini. Total pengunjung diperkirakan mencapai 1100 orang, baik dari kalangan warga maupun mahasiswa,” tutur Rosa, panggilan akrab ketua panitia Paingan Festival. Puncaknya, pertunjukan teater, dance, dan band dari mahasiswa kampus Paingan, tampil di Malam Puncak Paingan Festival 2014. Acara ini ditutup dengan penampilan Pongki Barata.
“Pongki Barata dipilih menjadi guest star (bintang tamu-red) karena Pongki cocok dengan ibu-ibu dan warga sekitar. Sudah banyak yang kenal ,”kata Rosa. “Pemilihan guest star melibatkan Romo Andalas sebagai WR III dan beliau memberi banyak masukan. Mengundang Pongki juga tidak susah. Dia sangat ramah. Kami bisa langsung menghubunginya tanpa perantara manajer, dan dia langsung menyanggupi,” lanjut Rosa bercerita pada natas terkait proses menghadirkan Pongki Barata.
Rosa juga menceritakan proses persiapan Paingan Festival 2014. Menurut penuturan Rosa, acara ini dipersiapkan mulai bulan Mei 2014. Pembentukan panita, penyusunan acara, pemilihan guest star,  serta sosialisasi kepada mahasiswa dan warga membutuhkan waktu yang cukup lama. Acara ini tak lepas dari peran sponsor dan humas. Humas sudah mulai bekerja mulai dari dua bulan yang lalu dengan mensosialisasikan acara kepada RT dan himpunan mahasiswa prodi-prodi di paingan, baik melalui poster maupun secara langsung.
“Sanata Dharma sangat bermasyarakat. Menggelar acara Jatilan dan semua (warga dan mahasiswa-red) bisa masuk. Bikinacra seminar buat ibu-ibu. Betapa pedulinya Sadhar sama masyarakat,” tutur Fabianus Asto Nugraha (19), mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2014. “Semoga acara tahun depan lebih keren,” jawab Olivia Gita, mahasiswi Farmasi angkatan 2013 saat ditanya harapan mengenai Paingan Festival tahun depan.

Penulis: Clara Carissa Poppy Mahendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *