Mahasiswanya Ikut Demo, Rektor USD Memberi Pernyataan

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc.,Ph.D. saat ditemui di gedung rektorat USD, sedang memberikan pernyataan terkait mahasiswanya yang ikut aksi demo pada May Day kemarin. Sumber: TRIBUNJOGJA.COM

            Yogyakarta– (4/5) Universitas Sanata Dharma menggeluarkan surat pernyataan “Siaran Pers”. Isi surat tersebut berkaitan dengan salah satu mahasiswa Sanata Dharma yang terlibat dalam aksi pelemparan bom molotov di pos polisi, pada hari buruh 1 Mei 2018.  Pernyataan tersebut dikeluarkan sendiri oleh Rektor USD , Johanes Eka Priyatma, M.Sc.,Ph.D.  Eka menyatakan bahwa pihak kampus sangat menyesali keterlibatan seorang mahasiswanya dan mempercayakan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

              Dalam surat tersebut juga beliau menyampaikan pihak kampus akan menonaktifkan status studi mahasiswa tersebut agar dapat menjalani proses hukum dengan lancar. Serta memberi perhatian kepada yang bersangkutan. Berikut isi surat edaran tersebut:

“Siaran Pers

Terkait keterlibatan Seorang Mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) dalam demonstrasi yang terjadi pada tanggal 1 Mei 2018 di pertigaan Jl. Adisucipto Yogyakarta,

USD menyesalkan terjadinya tindakan anarkis pada demonstrasi tersebut. Kami juga menyesalkan karena salah satu mahasiswa kami terlihat dalam tindakan anarkis tersebut. Kami mohon maaf kepada semua pihak: instansi pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha, serta pihak-pihak lain yang telah dirugikan karena tindakannya itu.

Surat Pernyataan Pihak USD. Sumber: natas

Terkait tindakan anarkis yang dilakukannya, kami mempercayakan sepenuhnya kepada proses hukum yang sedang berlangsung. Untuk itu kami akan menonaktifkan status studi mahasiswa tersebut agar dapat menjalani proses hukum dengan lancar.

Selain itu, sebagai lembaga pendidikan kami akan memberi perhatian kepada yang bersangkutan.

Tindakan kami selanjutnya akan ditentukan berdasarkanketentuan kode etik, nilai-nilai dasar dan peraturan akademik USD serta keputusan pengadilan yang akan diterimanya.

Belajar dari peristiwa ini USD berkomitmen untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam mendampingi mahasiswa.

Yogyakarta, 4 Mei 2018

Johanes Eka Priyatma, M.Sc.,Ph.D                          

Rektor Universitas Sanata Dharma”

 

Penulis : Clarita Fransiska Simarmata

Editor    : Fika Rosario Labobar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *