Menyusuri Sejarah tanpa Batas

Judul : Membongkar Manipulasi Sejarah: Kontroversi Pelaku dan Peristiwa

Pengarang : Asvi Warman Adam

Penerbit : Kompas

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Tebal : 257 halaman

ISBN : 979-709-404-1

                   Asvi Warman Adam selalu saja bisa menarik perhatian para ‘pengikut’ sejarah dengan bahasan-bahasan yang kontroversi. Kali ini tidak hanya persitiwa mengenai Gerakan 30 September saja yang dibahas secara rinci tetapi juga para pahlawan yang seharusnya diberi gelar pahlawan nasional karena jasanya pada Indonesia. Buku ini menarik karena terdapat gambar dua mantan presiden Indonesia, yaitu Soekarno dan Soeharto pada sampul depannya. Seperti yang kita tahu, banyak sekali kontroversi dan rumor pada masa pemerintahan mereka.

                  Buku ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama menceritakan mengenai para pahlawan yang tidak diakui sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah. Bagian kedua menceritakan mengenai beberapa kontroversi sejarah Indonesia yang masih simpang siur hingga saat ini bahkan masih sulit dibuktikan 100% kebenarannya. Bagian ketiga menceritakan mengenai kejadian yang menjadi primadona pada masa pemerintahan Soeharto, yaitu kronologi peritiwa Gerakan 30 September. Sedangkan bagian terakhir menjelaskan mengenai hal-hal pelurusan sejarah dan sistem pendidikan sejarah serta kendala-kendala yang dihadapi.

                  Secara garis besar, buku ini mengajak kita untuk memahami dan melihat sisi lain sejarah. Penulis juga menjelaskan secara runtut dan terperinci mengenai kronologi yang terjadi saat itu. Kelebihan dari buku ini ialah penulis memaparkan hal-hal yang jarang kita dengar dan pelajari dari buku sejarah. Contohnya seperti banyak sekali pemaparan mengenai seluk-beluk kontroversi yang terjadi di masa lalu. Selain itu kejadian yang diceritakan juga sistematis. Kekurangannya adalah visualisasi yang ditampilkan sedikit sehingga kurang mendukung kejadian yang diceritakan. Sebagai orang awam, penambahan gambar bisa mendukung pemahaman artikel yang ditulis.

                  Buku ini cocok dibaca oleh semua kalangan, baik orang awam yang penasaran dengan kontroversi sejarah ataupun akademisi. Selain untuk menambah pengetahuan, buku ini juga dapat membantu kita untuk melihat bahwa ilmu sejarah bukan sekadar menghafal tahun, tempat, dan kronologisnya tetapi sejarah merupakan ilmu yang harus dipahami dan diambil nilainya di kemudian hari.

Penulis: Agnes Pearlyta

Editor: Gabriella Anindita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *