Menperingati “SERANGAN UMUM 1 MARET”

Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Sanata Dharma mengadakan “Diskusi dan Pemutaran Film Sebelum Serangan Fadjar” di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada hari Jumat, 27 Februari 2015 pukul 14.00 – 16.00 WIB. Acara dibawakan oleh Agung Budyawan dari Citralekha Institut dan turut mengundang Drs. Umar Priyono, M. Pd. selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY, namun beliau berhalangan hadir. Selain itu acara ini juga mengundang Dr. Yerry Wirawan selaku Kepala Pusat Studi Dokumentasi Sejarah Indonesia (PSDSI), dan Triyanto Hapsoro atau biasa disapa pak Gentong selaku Sutradara Film “Sebelum Serangan Fadjar (SSF)” sebagai pembicara.Dalam diskusi ini, hadir pula 3 pemain SSF yang berperan sebagai Sultan HB IX, Pak Soeharto, dan Jenderal Soedirman.

Latar belakang pembuatan film ini  karna sang sutradara merupakan penggemar setia Sultan Hamengku Buwono IX, serta memperingati 100 tahun usia HB IX pada tahun 2012. Sedangkan, latar belakang pemutaran film dan diskusi ini adalah untuk memperingati peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret (SO1M) 1949. Film ini bertujuan untuk media pembelajaran bagi siswa sekolah, dan sebagai pengetahuan bagi masyarakat karna itu, acara ini dibuka untuk umum.



Film ini menggambarkan kronologi sebelum terjadinya SO1M. Sebelumnya, sudah ada film yang mengangkat cerita sejarah ini, namun belum adanya riset yang kuat dan matang. Dengan diputarnya film ini, diharapkan masyarakat bisa melek sejarah.

Penulis : Valent Ade Putri
Fotografer : Azizta Laksa M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *