Kompas Adakan ”INDONESIA DALAM INFOGRAFIK”

Pengunjung melihat pameran
  Tanggal 26 Februari hingga 4 Maret 2015 Kompas adakan acara ”INDONESIA DALAM INFOGRAFIK” di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto nomor 2, Kotabaru. Acara tersebut dimulai dengan acara pembukaan dan talkshow pada hari pertama acara ini berlangsung. Mereka mendatangkan narasumber seperti Lim Bun Chai (desainer senior Kompas), Sumbo Tinarbuko (dosen ISI), dan Laretna Adhisakti (dosen UGM). Acara dilanjutkan dengan workshop pada hari Sabtu (28/2) yang diikuti oleh sekitar 50-an mahasiswa umum. Dalam workshop, mereka beserta peserta membuat karya sketsa sederhana mengenai Kompas dan Bentara Budaya Jogja untuk hasil akhirnya.

                Pameran sendiri berlangsung tanggal 26 Februari hingga 4 Maret 2015 pukul 09.00-21.00 WIB. Karya-karya infografik yang dipamerkan ada dalam bentuk buku (cetak), animasi, dan sebagian dari karya-karya mereka (baik diambil dari buku atau yang pernah keluar di harian Kompas) yang didesain sedemikian rupa dalam bentuk pajangan di dalam ruangan. Acara ini bentuk kerja sama Kompas dengan Bentara Budaya Jogja yang bertujuan untuk mengenalkan produk infografik Kompas tentang kekayaan Indonesia.

                Menurut Novan Nugrahadi dikatakan bahwa peminat acara ini banyak karena jumlahnya sudah di luar target. Peserta didominasi oleh mahasiswa dan pers mahasiswa. ”Karena mungkin, ya, di pers mahasiswa mungkin belum terlalu tahu apa infografik. Siapa tahu nanti setelah tahu dari sini, mereka bisa terapkan di karya mereka,” terang Novan Nugrahadi. ”Luar biasa! Inilah potret kemajuan sejarah dan peradaban bangsa Indonesia,” kata Oki Pradhitya Visnu Nugraha, salah satu pengunjung. ”Pameran ini cukup bagus dan detil dalam keterangan. Kalau kita teliti secara mendalam, pameran ini masih kurang dalam segi gambar, arsitektur, kurang detil atau transparan,” jelas Zudi Prasiyanto, pengunjung pameran.
Novan Nugrahadi
Penulis Dinda Mustikasari
Fotografer : Azizta Laksa M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *