Mapoeta: “Jelajahi Bumi, Kenali Diri, Temukan Arti”

Apa itu Mapoeta? Mapoeta adalah acara yang terdiri dari pameran foto dan juga lomba grup selfie. Acara ini dilaksanakan oleh UKM Mahasiswa Pecinta Alam atau disingkat Mapasadha. UKM Mapasadha menggelar pameran foto di semua kampus Universitas Sanata Dhama Yogyakarta. Mapoeta sendiri memiliki kepanjangan “Mapasadha poenya cerita”. Mapoeta 2015 ini bertajuk Jelajahi Bumi, Kenali Diri, Temukan Arti. Menurut Kosan, salah seorang anggota Mapasadha, tajuk tersebut berarti, dengan mengenal diri sendiri, kita dapat menemukan arti dan menjelajahi bumi.

Terdapat 24 foto yang dipajang dan 8 diantaranya terdapat foto berpesan. Foto-foto ini diambil dari dokumentasi UKM Mapasadha selama dua tahun terakhir. Foto-foto ini direkatkan pada bambu yang bentuknya menyerupai menara. Pameran foto Mapasadha 2015 diadakan di tempat-tempat strategis di kampus sehingga mudah dilihat. Menurut Bidur, acara ini bukan yang pertama kalinya. Acara ini dilaksanakan sebagai program kerja pengurus UKM Mapasadha periode 2015.  “Beberapa tahun yang lalu sempat diadakan display foto seperti ini, kemudian vakum. Kami mencoba untuk memulainya kembali,” jelas Bidur.

Pemajangan foto dilakukan oleh UKM Mapasadha sejak 1 Maret 2015 dan berakhir 20 Maret 2015. Pemajangan pertama dilakukan pada 2 Maret 2015  hingga 4 Maret 2015 di Student Hall, Mrican. Pemajangan kedua pada 5 Maret 2015 hingga 6 Maret 2015 di Pendopo PGSD, Mrican. Pemajangan ketiga  pada 9 Maret 2015 hingga 13 Maret 2015 di Hall Selatan, Paingan. Pemajangan keempat pada 16 Maret 2015 hingga 17 Maret 2015 di Auditorium IPPAK. Pemajangan kelima pada 18 Maret hingga 20 Maret 2015 di Lobi Fakultas Teologi. Sementara untuk lomba grup selfie dapat dilihat melalui akun twitter Mapasada (@mapasdhayk).

Bidur berharap dengan acara pemajangan foto ini, mahasiswa dan dosen yang melintas dapat melihat foto-foto kegiatan Mapasadha. Bidur juga berkata tujuan dari mapoeta ini untuk lebih mengenalkan kegiatan Mapasadha kepada dosen dan mahasiswa karena masih banyak yang belum tahu bahwa kegiatan UKM Mapasdha tidak hanya naik gunung saja. “UKM Mapasada tidak melulu naik gunung, ada juga susur gua, panjang tebing, rafting, arung jeram, bersih sungai dan baksos saat erupsi gunung Kelud”, kata Bidur.  Bidur berharap mapoeta, pameran foto Mapasdha 2015 yang sedang dibangkitkan ini, dapat diteruskan untuk tahun-tahun mendatang.

Penulis MY Christy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *